» » » Kenapa Defrag Komputer Harus Dilakukan?

Kalian pasti mengenal dan tahu istilah defrag yang sangat sering diucapkan ketika proses pada komputer berjalan lambat.

Sebenarnya apa itu defrag ?
 Defrag merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk merapikan, menyusun, dan menata berbagai file dan isi dalam sebuah hard disk.

Apa fungsi dari defrag ?
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa defrag dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.

Masih bingung ?
Sekarang lihat lemari pakaian  kalian, lebih mudah mencari baju atau celana pada lemari pakaian yang rapi atau lemari pakaian yang berantakan ? Kalian pasti menjawab akan lebih mudah mencari pakaian pada lemari pakaian yang rapi dan tertata berdasarkan jenis pakaiannya. Seperti itulah fungsi dari defrag mengurutkan data sesuai dengan tempatnya sehingga memudahkan pencarian sebuah data pada hard disk.

Apa yang menyebabkan komputer harus di defrag ?
Komputer harus di defrag disebabkan oleh proses manipulasi data yang terjadi pada hard disk kalian seperti (install/uninstall program, delete file, move file, copy file, ataupun manage file).

Berapa kali kita harus melakukan defrag ?
Defrag dilakukan minimal 1-3 bulan sekali akan tetapi hal itu juga tergantung dari manipulasi data yang kalian lakukan pada hard disk, semakin sering melakukan manipulasi pada hard disk maka semakin sering pula dilakukan defrag pada hard disk.

SELAMAT MENCOBA

sumber : Sharing Center



About Rizal Aziz Ibnu Shidiq

Hai! Saya Rizal Aziz Ibnu Shidiq dan disini saya hanya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui baik itu di bidang agama, desain grafis, IT, dll. Mohon maaf jika postingan yang saya buat masih kurang baik.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Tinggalkan balasan