» » » Quick Masking Rambut dalam Hitungan Detik Menggunakan Photoshop CS5/CS6 dan Topaz Remask


Masking rambut dalam hitungan detik???
kenapa tidak, chek deh tutor kali ini:

1. Buka photo/gambar rambut yang akan diseleksi. Klik File ->open.

2. Buat layer baru dan kasih warna bacground color sesuka kalian

3. Kembali ke layer photo Kemudian seleksi pada area rambut, (tidak usah terlalu detail). Biar cepat, kita pake lasso tool atau Quick Selection Tool saja untuk membuat seleksi secara kasar.

4. Selanjutnya klik kanan pilih Refine Edge... Atau bisa juga dengan cara menekan tombol Refine Edge… pada option bar. Maka akan muncul kotak dialog Refine Edge. Lakukan pengaturan seperti berikut ini

5. ada view mode, pilih view On Black (B), kemudian pada Edge Detection beri tanda cek/centang pada Smart Radius, lalu geser ke kanan untuk menyesuaikan nilai radiusnya (dikira-kira saja ya, gampang kog he) pada kasus ini saya memasukkan nilai 93.3px untuk radiusnya. (smooth, feather, dan contrast kasih 0 saja, tapi kalo anda ingin memberinya angka ya silahkan saja, dicoba-coba saja ya hasilnya he)

6. Gunakan Refine Radius Tool untuk merapikan bagian tepi rambut yang kurang rapi/ untuk menghilangkan bagian tepi rambut yang masih terlihat warna backgroundnya. Caranya klik/sapukan dibagian tepi rambut.

7. Pada Out Put beri tanda cek/centang Decontaminate Colors kemudian masukkan nilai Amount-nya 69% (tergantung kebutuhan/disesuaikan sendiri nilainya).

8. Selanjutnya tekan L pada keyboard atau pilih pada View Mode-view On Layer untuk melihat bagaimana kira-kira hasilnya nanti. Perlu diperhatikan, bahwa ketika anda telah mengklik Ok, maka hasilnya tidak bisa diundo/dikembalikan lagi.

9. Sampai di sini kita hampir selesai. Terus pada Output to pilih New Layer With Layer Mask -> klik OK.

10. Untuk tutorial berbentuk videonya silahkan chek disini


Selain itu masking secara cepat juga bisa menggunakan plugin tambahan yang namanya  “topaz remask” yang bisa kalian download disini

Untuk Tutorial Penggunaan topaz remask silahkan liat video tutorialnya disini

Dan semoga bermanfaat


Sumber : Peni Santoso
Support by : "Indonesian Graphic Designers"



About Unknown

Hai! Saya Rizal Aziz Ibnu Shidiq dan disini saya hanya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui baik itu di bidang agama, desain grafis, IT, dll. Mohon maaf jika postingan yang saya buat masih kurang baik.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Tinggalkan balasan